CABE  MAHAL ….!!!

Itu adalah berita yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kita. Harga yang cukup fantastis bisa mencapai Rp. 100.000,- / Kg, membuat semua orang geleng-geleng kepala, terutama para ibu rumah tangga yang kesehariannya bersinggungan langsung dengan urusan dapur.

Tetapi untuk anda para bapak-bapak yang gemar berkebun, tidak ada salahnya untuk mencoba berhemat sedikit, yaitu dengan cara mencoba menanam sendiri cabe tersebut. Syukur bisa untuk dijual yang sudah tentu bisa menambah sedikit penghasilan.

Nah…..untuk itu saya coba uraikan tehnik sederhana pembibitan cabe Baskoro di bawah ini :

1. Mula-mula buat alat dari kayu seperti gambar di bawah beberapa buah, untuk persiapan :

2. Ambil plastik panjang yang telah dipersiapkan, kemudian isi dengan tanah yang sedikit berpasir ( wedeg ) seperti gambar di bawah ini :

3. Setelah terisi penuh, kumpulkan dan tata secara rapi diatas bahan dari kayu yang sudah dibuat tadi seperti gambar di bawah :

4. Setelah plastik-plastik yang terisi tanah tertata rapi seperti gambar di atas, maka selanjutnya adalah memotong semua plastik tersebut menjadi beberapa bagian menurut ketebalan deretan kayu-kayu tersebut dengan menggunakan gergaji atau pisau dapur, seperti gambar di bawah :


5. Kemudian setelah terpotong menjadi beberapa bagian, angkat satu – persatu potongan plastik berisi tanah tersebut dan jajarkan secara rapi, seperti gambar di bawah :

6. Selanjutnya setelah media untuk pembibitan dirasa siap, langkah berikutnya adalah menaburkan biji-biji cabe tersebut satu persatu ke plastik-plastik tersebut. Tunggu sampai biji-biji cabe itu tumbuh. Setelah beberapa hari tumbuh, mulailah memberi pupuk dengan cara di kompres.

7. Baru kemudian setelah biji-biji cabe tersebut berumur 15 hari, pindah segera ke kotak-kotak yang telah dipersiapkan :

8. Nah……. setelah benih-benih itu berumur sekitar 25-30 hari berarti benih cabe sudah siap untuk ditanam pada media yang sebenarnya, ( sawah, tegal, kebun, dll )

Itulah tadi tehnik singkat bagaimana cara pembibitan cabe sendiri, ( Seperti yang diutarakan oleh Pak Didik ) sehingga nantinya bisa menambah sedikit pengetahuan kita agar tidak selalu tergantung kepada penyedia bibit terus.

Terima kasih…….. SEMOGA SUKSES !!!

About these ads